Sabtu, 02 Juli 2011

Kiat Mengatasi Kegagalan Menjadi Kesuksesan

"Saya ingin mencoba untuk memulai usaha ini, tapi….???"
Inilah pernyataan yang sering kita dengar dari orang-orang disekitar kita yang ingin memulai suatu usaha.

Ketika saya menanyakan hal ini pada orang lain secara peribadi, jawaban yang paling banyak diberikan adalah takut gagal. Mereka mengatakan seperti "Saya ingin memulai usaha ini tapi saya tidak tahu apakah orang akan tertarik membeli produk ini." atau "Saya ingin memulai usaha kecil tapi saya tidak berani menjual ." Atau "saya ingin memulai usaha kecil tapi saya tidak tahu apakah saya akan mendapatkan uang yang cukup untuk hidup ."Halangan untuk memulai usaha sebenarnya bukan dari produk atau menjual atau uang. Tapi, ketakutan dalam diri anda. Sekarang ketakutan yang bisa menyebabkan anda celaka secara fisik, seperti ketakutan ketika melihat harimau di depan anda, ini adalah hal yang wajar. Tapi jenis ketakutan yang menghalangi untuk melakukan hal baik untuk anda, bukanlah ketakutan yang wajar . Takut gagal adalah hal yang menghalangi anda dalam memulai usaha, Anda harus melawannya.

Bagaimana cara anda melakukannya ? Anda harus melakukan dua hal ini :
1. Bersiap untuk sukses
2. Merubah sikap anda terhadap kegagalan

1) Bersiap untuk sukses
Anda harus melakukan hal ini untuk mempersiapkan diri anda menuju kesuksesan. Anda sudah tahu bagaimana anda gagal. Anda akan gagal jika anda tidak melakukan apapun atau melakukan hal yang bodoh. Tapi bagaimana anda bisa berhasil? Dengan menemukan secara tepat apa yang anda perlukan untuk berhasil dan memastikan
keperluan tersebut dipenuhi. Misalnya, jika saya ingin memulai usaha kecil dengan menjual alat kosmetik atau barang kosmetik dan untuk menjadikan bisnis ini berhasil, maka saya harus melakukantiga hal penting dibawah :
* cukup banyak orang yang ingin membeli alat kosmetik dan produk yang saya jual
* produk dengan mutu dan harga yang kompetitif dimana orang ingin membelinya
* cara untuk mendatangkan keduanya bersamaan (orang dan produk )

Apa yang harus saya lakukan adalah bagaimana memenuhi keperluan diatas ini. Cara terbaik melakukannya adalah bekerja dengan business plan. Dengan menggunakan business plan, ia akan memberikan detail bagaimana anda melakukan, apa yang harus dikerjakan dan menjalankan usaha kecil dengan berhasil. Business plan anda nantinya akan mempengaruhi blue print kesuksesan.

2) Ubah perilaku Anda terhadap kegagalan
Mengapa anda takut gagal ?
Kebanyakan orang takut gagal karena salah satu dari dua alasan ini :
* Kegagalan membuat anda menjadi pribadi yang diremehkan.
* Anda akan kehilangan semua uang atau harta anda.

Dua hal tersebut adalah pandangan yang salah. Kegagalan tidak akan merubah genetik atau kepribadian anda. Kegagalan memang terkadang mempengaruhi beberapa orang untuk bertindak negatif, tetapi sebenarnya dirinya sendiri tidak negatif .

Apakah anda akan merasa rendah diri jika anda gagal ? Jawabannya tentu tergantung diri anda. Dan hanya anda yang mampu mengendalikan diri anda.
Apakah orang lain akan merendahkan Anda ? Kalaupun ya, mungkin hanya
sebagian orang saja. Anda tidak perlu ambil pusing dengan fikiran orang lain dan tindakan orang lain – jadi mengapa memperdulikan mereka ?
Mungkin anda tidak bisa menghilangkan ketakutan anda.
Tapi, ketika anda bangun untuk mencapai keberhasilan, Anda pasti bisa mencapainya. Jadi mengapa tidak mulai dari sekarang ?

Pendiri perusahaan komputer IBM pernah ditanya, "Bagaimanakah untuk mencapai kesuksesan dengan cepat?”
Jawabnnya, "Gandakan kegagalan anda dan anda pasti akan menemukan kesuksesan dengan cepat.”

Apakah anda kenal Jackie Chan?
Ikon Asia yang sangat populer di mata dunia dan menjadi idola bagi semua golongan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Saya sendiri pun suka
nonton aksi2 dia, namun…… apakah ia semudah yang kita lihat? Beliau berusaha untuk
mempelajari taekwando, judo, ,wing chung, dll selama 18 jam sehari. Begitu juga dengan orang2 lain yang telah berhasil :
- Taufik Hidayat
- Nicole Ann David
- Lance Arm Strong
-Thomas Alfa Edison
semuanya berhasil mencapai kesuksesan dengan mandi peluh. Teringat pula saya pada satu lirik nasyid "BERJUANG MEMANG PAHIT KARENA SYURGA ITU MANIS".

Lihatlah perjuangan Insan mulia NABI MUHAMMAD SAW. Perjuangan beliau amat menderita, pada mulanya beliau dihina, dicaci, dilempar najis, diludah dll.
Namun, berkat kesabaran dan iman yang tinggi, lihatlah Islam kini tersebar ke seluruh dunia. Malah Islam pernah menguasai 2/3 dunia dan melahirkan tokoh2 yang hebat seperti Al- Haitami, Al-Jazari, Ibn Sina, Al- Ghazali dan lain2. Merekalah yang
menemukan berbagai teknologi dan ideologi yang digunakan hingga saat ini.

Orang bijak berkata, dalam hidup itu hanya ada dua pilihan, sukses atau gagal. Begitu juga dalam pekerjaan. Tentu saja semua orang akan memilih kesuksesan. Tapi siapa yang dapat menolak jika ternyata kegagalan masih juga menghampiri anda, padahal anda sudah berusaha sekeras mungkin? Kegagalan sebetulnya merupakan hal yang manusiawi

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link