Jumat, 22 Juni 2012


 

Dari artikel sebelumnya (Syarat Menjadi Profesional Trader) Anda sudah tahu bahwa profesi trader bisa menjadi pilihan untuk mencari penghasilan. Mungkin Anda bertanya-tanya sekarang, apakah trading itu secara nominal cukup menjanjikan? Bisakah memenuhi kebutuhan hidup dengan trading atau bahasa kerennya trading for living?

Trading for living adalah sebutan bagi seseorang yang mengandalkan hasil trading untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Umumnya trader tersebut adalah trader full time, tidak memiliki pekerjaan lain selain trading. Jadi pendapatan utamanya adalah dari hasil trading. 

Jawabannya adalah BISA. Faktanya memang bisa, sudah banyak trader yang berhasil melakukannya. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi apakah kita bisa mengandalkan trading untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari: Salah satunya adalah kecukupan modal

Kalau modal Anda sedikit, kemungkinan Anda tidak bisa mengandalkan hasil trading untuk kebutuhan sehari-hari. Ambil contoh saja kebutuhan bulanan Anda sekitar 5 juta per bulan untuk makan, bayar kontrakan, bayar sekolah anak dan sebagainya. Kita asumsikan saja Anda bisa profit dari trading sebesar 5% per bulan dari modal. Angka 5% ini adalah angka yang normal, masih bisa dicapailah tanpa terlalu ngoyo. 

Jadi kebutuhan modal Anda harus minimal = 100% / 5% x 5 juta = 100 juta
Dari contoh, setidaknya Anda harus menyiapkan minimal 100 juta sebagai modal trading. Lebih baik lagi jika lebih besar dari itu karena belum tentu kita selalu cuan. 

Kalau modal Anda 200 juta, untuk mendapatkan 5 juta per bulan, Anda hanya perlu profit 2,5% per bulan. Menurut saya lebih achievable lagi. Trading Anda juga bisa lebih tenang dan emosi lebih terkontrol.

Kalau lebih kecil dari itu kemungkinan Anda hanya akan membuang waktu untuk trading. Istilah jawanya "ora cucuk". Bahkan bisa membuat Anda stres karena untuk mencapai 5 juta per bulan Anda harus profit dalam persentase lebih besar.

Contoh modal Anda hanya 50 juta, berarti Anda harus cuan 10% setiap bulan. Mungkinkah? Mungkin saja, tapi sekali dua kali mungkin bisa, tapi setiap bulan? Saat pasar saham bearish bisakah Anda melakukannya? 

Jika modal Anda terasa kurang, sebaiknya Anda tidak perlu memaksakan diri untuk trading for living. Disarankan menambah modal dulu dari bekerja atau sumber lain sampai terkumpul modal tersebut. Sambil menunggu modal terkumpul, Anda bisa belajar dengan melakukan trading di demo account atau trading kecil-kecilan dulu. 

Sumber : juruscuan.com

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link
EmoticonEmoticon