Sabtu, 02 April 2011

Tips Dan Trik Cara Belanja Online Di Internet

Belanja online sudah bukan hal baru lagi saat ini. Apalagi di negara - negara maju yang masyarakatnya bisa di bilang super sibuk. Begitu juga di negara kita Indonesia, belanja online pun sudah mulai membudaya. Hal ini muncul karena banyak toko-toko offline atau toko konvensional yang memasarkan barangnya dengan cara online. Mereka membangun situs tersendiri atau membuat toko online untuk mempermudah pelayanan terhadap pelanggan - pelanggannya. Di samping itu cara belanja online ini akan meningkatkan peluang bagi toko mereka untuk di kunjungi. Karena dengan membuat toko online maka pengunjung bisa datang dari seluruh indonesia bahkan manca negara.

Namun begitu, kita sebagai pengunjung harus berhati - hati jika ingin melakukan belanja dengan cara online ini. Jangan sampai kita tertipu sehingga menyesal di belakang. Untuk itu melalui posting singkat ini, saya paparkan tips dan trik belanja online agar aman dari hal - hal yang tidak di inginkan.

Tips - tips ini mungkin berguna saat sedang belanja online.

~ Pilih situs yang benar - benar bisa di percaya. Ciri - cirinya antara lain : Punya alamat yang jelas. Menyediakan customer service yang bisa di hubungi, baik lewat telpon, chatting atau email. Mudah di akses atau punya pagerank web tinggi dan lain-lain.

~ Kalau pembayarannya menggunakan kartu kredit, gunakan satu kartu kredit saja sehingga bisa lebih aman dengan transaksi yang kita lakukan.

~
Periksa dengan teliti tagihan setiap bulan. Jangan lupa minta keterangan dari bank bersangkutan jika ada tagihan yang mencurigakan.

~ Jangan memberikan informasi kartu kredit apapun sebagai jawaban permohonan yang tidak jelas, misalya dalam bentuk e-mail atau situs dengan secure connection.

~
Periksa hal-hal kecil seperti seperti biaya pengiriman, pajak dan waktu pengiriman. Informasi ini harus tercantum jelas dan harus kita ketahui sebelum menyetujui pembelian barang.

~
Buat user ID dan password yang berbeda untuk setiap situs. Password yang kita buat lebih baik menggunakan kombinasi huruf atau angka yang aneh yang hanya kita ketahui sendiri, jangan menggunakan taggal lahir atau semacamnya.

~
Periksa kebijaksanaan perusahaan terhadap pengembalian uang dan barang sebelum melakukan order.
jika tidak mau memberikan no. kartu kredit atau kartu debet secara online , kirim melalui telepon atau fax.

Semoga tips dan trik cara belanja online yang singkat ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link