Minggu, 26 Februari 2012

Facebook, Dampak Negatif Dan Positifnya

Facebook merupkan suatu jejaring sosial yang sedang trend saat ini, yang digunakan banyak orang bukan hanya dari kalangan muda – mudi saja tetapi dari kalangan anak – anak sampai para orang – orang yang berumur. Karena dengan facebook kita dapat bersosialisasi dengan seseorang tanpa mengenal batas ruang dan waktu. 

Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan Facebook misalnya, kita bisa mencari teman ataupun mencari jodoh melalui jejaring Facebook. Karena dari berbagai survey terlihat banyak seseorang yang menjalin hubungan lewat jejaring ini. Padahal banyak juga yang mereka menjalin hubungan tetapi belum pernah sekali pun mereka bertemu dan saling bertatap muka , namun walaupun begitu tidak sedikit mereka yang melanjutkan nya sampai jenjang pernikahan.

Banyak hal yang bisa kita ambil dari jejaring ini namun begitu tidak sedikit juga yang menyalah gunakan nya. Sehingga berdampak negatif pada orang itu sendiri atau pun lingkungan disekitarnya. 

Dampak negatif dari facebook secara nyata yaitu waktu, banyak sekali orang – orang yang berlama – lama didepan komputer, laptop,atau handphone hanya untuk chat lewat jejaring facebook, parah nya hal yang diperbincangkan kebanyakan hal – hal yang kurang berbobot maksud nya mereka hanya ngobrol atau bergosip. Padahal jika dilihat dari ke efektifan waktu seseorang bisa menggunakan waktu luangnya untuk hal – hal yang bisa menambah skill pada dirinya.

Selain dari segi saktu yang terbuang sia – sia, dampak-dampak negatif lain nya yaitu biaya, banyak orang yang mengeluarkan banyak biaya hanya untuk online facebook, mereka atau orang yang mania facebook lebih betah dan rela berlama – lama didepan laptop atau alat media lain nya untuk online ke facebook.
Hal itu jelas jelas membutuhkan uang banyak jika seseorang tidak punya media yang mendukung.

 Selain itu bisa kita lihat juga sisi negatif dari facebook, jika dilihat dari segi pendidikan. Karena canggihnya teknologi kita bisa online disetiap saat dengan hot spot atau dengan fasilitas yang dimiliki suatu media, yang membuat banyak sekali para pelajar dan mahasiswa yang tidak jarang online Facebook saat proses belajar mengajar berlangsung.
Akan tetapi semua hal apapun pasti ada sisi positif dan negatif. Begitu pun dengan jejaring sosial facebook ini memiliki sisi positif juga bagi penggunyanya.

Dari segi bisnis, banyak sekali pemilik warnet yang memperoleh keuntungan dari bisnis ini. Bisa kita lihat hampir setiap hari warnet penuh dengan pengunjung nya, dan tidak jarang mereka onlaine untuk sekedar onlaine Facbook. Selain pemilik warnet, para pengusaha handphone juga mendapat keuntungan dari marak nya pengguna Facebook. Dijaman sekarang banyak sekali para pengusaha yang mangeluarkan fitur – fitur tambahan yang mendukung mempermudah seseorang untuk online facebook. Dengan adanya fenomena seperti itu ,tentu jelas banyak para pengguna facebook yang bernondong – bondong untuk membelinya. Tentu saja semua hal itu membuat keuntungan yang besar bagi para pengusahaha.

Selain itu, efek positif bisa kita lihat dari segi penggunaan nya, jika kita bisa memanfaatkan jejaring sosial ini dengan baik,sebenarnya kita dapat memperoleh keuntungan bagi diri kita pengguna facebook. Misalnya dengan facebook kita bisa mempromosikan diri kita ke hal – hal yang positif, misalnya kita bisa mempromosikan prestasi – prestasi kita , dam mempromosikan semua kegiatan – kegiatan kita yang positif. Sehingga dengan seperti itu, seseorang yang melihat update satus dari kita bisa ikut bangga dan termotivasi untuk bergelut kedalam kegiatan – kegiatan yang positive juga. Keuntungan atau dampak positive lainnya yaitu kita bisa mencari realation ship, karena dengan jejaring facebook kita dapat mencari banyak teman tanpa mengenal batas ruang dan waktu,selain itu kita juga bisa menemukan teman lama yang mungkin sudah lost contect dengan kita. Dengan adanya jejaring sosial facebook ini sebenarnya diharapkan kita bisa mengambil sisi positif dan jangan sampai kacanggihan teknologi ini malah membuat kita terpuruk dalam efek negatif teknologi tersebut.
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link