Rabu, 07 Maret 2012

 
Belanja online secara perlahan menjadi gaya hidup masyarakat kita. Banyak keuntungan bagi orang yang berbelanja via internet. Misalnya, terhindar dari kemacetan dan tak perlu ongkos taksi.

Sebagian orang juga suka sungkan kalau menawar barang tapi tidak jadi beli. Nah, dengan belanja online kemungkinan seperti itu nyaris tidak ada. Kalau pun ada tawar-menawar biasanya cukup dilakukan via email atau chatting saja.

Jika menilik data Google Insight (2009), selain toko buku dan toko komputer, banyak pengguna internet yang berburu toko baju murah dan toko sepeda online.
Sedangkan tahun 2008, pencarian tertinggi adalah untuk toko bayi online, toko tas online, serta toko sepatu online.

Dengan tren seperti itu, membuat toko online masih cukup menjanjikan. Asal, kita bisa menemukan ceruk pasar yang tepat dan mungkin yang tingkat persaingannya masih rendah.
Nah, jika anda berniat memulai toko di dunia maya berikut 5 pilihan untuk membuat online store secara gratis.

1. Membuka Toko Online dengan Blog Gratisan

Banyak orang menggunakan blog gratisan untuk jualan di internet. Keuntungannya, ada tidak perlu keluar biaya untuk membuka account. Kecuali jika anda mau desain yang lebih sesuai selera diperlukan ongkos untuk memesan desain yang khusus.

Kekurangannya, membuka toko dengan blog gratisan cocok jika produk yang akan anda jual tidak terlalu banyak dan transaksi dilakukan secara manual.
Blog gratisan yang banyak dipakai untuk membuka toko online: Multiply, Blogger, dan WordPress.

2. Membuka Toko di Mall Online
Potensi pasar yang makin membesar telah mendorong munculnya beberapa mall online lokal seperti Tokopedia.com, TokoBagus.com, dan yang akan hadir Plasa.com milik Telkom.
Layaknya sebuah mall, di sanalah para penjual dengan pembeli dipertemukan. Keuntungan yang paling jelas, dari sisi marketing kita akan sangat terbantu karena mall-mall itu yang akan bekerja keras mendatangkan visitor.

Kekurangannya, meski membuka tokonya gratis tapi kemungkinan akan dikenakan biaya per transaksi dari tiap penjualan yang terjadi dengan persentase yang telah ditentukan masing-masing. Karena itu, baca aturan mainnya baik-baik jika akan menggunakan layanan mall online.

3. Membuka Lapak di Forum Jual Beli
Jualan lewat forum sebenarnya tidak mirip toko. Karena itu, para penjual lebih senang menyebutnya lapak. Forum jual beli di Kaskus contoh yang cukup populer. Tetapi jika produk anda spesifik, anda juga bisa masuk forum khusus seperti produk fotografi di bursa fotografi.net.

4. Membuka Toko di Situs Jejaring Sosial

Anda juga bisa berjualan lewat situs jejaring sosial. Jika anda punya account facebook, anda bisa berjualan lewat marketplace (meskipun fitur ini tidak begitu populer). Untuk memajang produk, bisa menggunakan aplikasi facebook atau menggunakan fitur default seperti album.
Kelebihannya anda bisa berjualan kepada mereka yang berada di dalam jaringan pertemanan anda. Tetapi, karena situs seperti ini biasanya memblok mesin mencari anda akan sulit menarik calon pembeli dari search engine.

5. Membuka Toko di Direktori Bisnis
Ini adalah model yang paling lama. Tetapi jangan khawatir, direktori bisnis yang tadinya lebih mirip iklan baris atau tepatnya situs untuk memasang profil usaha, sekrang juga sudah dilengkapi fitur untuk memajang produk. Di Indonesia yang tergolong senior seperti indonetwork.co.id. Anda bisa mendaftar gratis untuk membuka account biasa di sini.

Dari semua pilihan di atas bisa jadi anda perlu memiliki semuanya. Atau, justru  anda mungkin punya cara lain untuk membuka toko online gratisan?

1 komentar:

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link
EmoticonEmoticon