Sabtu, 02 Juni 2012

Bengkalis Dalam Profile



Informasi Umum

Kabupaten Bengkalis terletak dibagian Pantai Timur Pulau Sumatera. Secara geografis Kabupaten Bengkalis terdiri dari beberapa pulau dengan garis pantai terpanjang di Riau dan berhadapan langsung dengan Selat Malaka dengan keindahan alam lautnya. Kabupaten ini meliputi wilayah teritorial 12.044,23 km² dengan perbatasan sebagai berikut:

Utara : Selat Malaka
Selatan : Kabupaten Siak
Barat : Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir
Timur : Karimun dan Kabupaten Pelalawan

Dibidang struktur pemerintahan, Kabupaten Bengkalis dibagi menjadi 13 daerah Kecamatan. Adapun daerah Kecamatan adalah Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Mandau, Pinggir, Merbau, Rupat, Rupat Utara, Tebing Tinggi, Tebing Tinggi Barat, Rangsang, dan Rangsang Barat.

Hampir 85% dari topografi daerah ini adalah rendah dan hutan tropis, dengan ketinggian rata-rata 2-6.1 meter diatas permukaan laut dan sebagian besar tipe tanah adalah Organosol, sejenis tanah yang mengandung banyak substansi Organik. Kabupaten ini memiliki sungai-sungai, tasik, 26 pulau besar dan kecil.
Kabupaten Bengkalis memiliki suhu tropis yang sangat dipengaruhi oleh iklim laut dengan temperatur berkisar antara 26º C - 32º C. Musim penghujan biasanya datang dari bulan September-Januari dengan rata-rata curah hujan antara 809-4.078 mm/tahun. Musim kemarau biasanya datang dari bulan Februari hingga Agustus.

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau 2007 bahwa penduduk Kabupaten Bengkalis pada tahun 2006 tercatat sebanyak 708.363 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata 62 juta jiwa/km². Sekitar 58,81% dari penduduk bekerja di sektor pertanian dan sektor lainnya seperti pertambangan, industri, konstruksi, perdagangan, layanan transportasi dan aktifitas lainnya.

Sebagai daerah yang terletak pada bagian paling luar Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis telah dilengkapi dengan fasilitas dan infrastruktur yang semakin baik. Adapun fasilitas yang telah ada di Kabupaten Bengkalis antara lain: Transportasi Darat (Jaringan Jalan Raya sepanjang 2,172,670 km²), Transportasi Laut (Pelabuhan dan Fasilitas RORO kapasitas 20-25 kendaraan Roda Empat), dan Transportasi Udara (Bandara di Kec. Bukit Batu), Listrik, Air Bersih, Jaringan Telekomunikasi, Perbankan, dan Akomodasi (Hotel/ Penginapan)di Kota Bengkalis, Selat Panjang, Duri, Sungai Pakning, dan Tanjung Lapin.

Sumber : ponriau2012.com
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link