Senin, 07 Oktober 2013

Sudah banyak pandangan tentang pengertian berita yang dilontarkan oleh para teoretisi dan praktisi media. Ada yang mengatakan bahwa "NEWS" itu adalah informasi yang datang dari empat penjuru arah mata angin, North East West South. Ada pula yang memberikan tentang pengertian berita (news) merupakan bentuk jamak (plural) dari new.
Adalagi definisi berita yang sudah cukup lama populer dikalangan orang pers. Jika anjing menggigit orang itu bukan berita, tetapi jika orang menggigit anjing itu baru namanya  berita.

Namun menurut Mahbub Junaidi, seorang kolumnis kawakan, berhubung jarang sekali ada lelaki yang menguber dan menggigit anjing, apa berarti koran harus kosong? Tidak punya berita? Tentu saja tidak. Lagipula bukankah anjing menggigit orang bisa juga jadi berita? Kalau yang digigit adalah selebriti misalnya, atau orang penting dan terkenal seperti bupati atau presiden.Kalau nunggu ada orang menggigit anjing kapan berita akan muncul?

Untuk mengetahui apa itu berita, Rosihan Anwar dalam bukunya mengatakan ; "Reporter tentunya hanya menginsafi bahwa surat kabar, radio dan televisi memberitakan atau melaporkan kejadian yang penting untuk diketahui khalayak ramai."

Jadi secara simpel berita itu bisa di definisikan : Apa yang ingin dan perlu orang ketahui.

Dari perspektif sejarah, kita melihat gambaran lain tentang kehadiran berita dalam pertumbuhan kita sebagai sebuah bangsa. Dalam essai nya, "Pers Dan Tumbuhnya Nasionalisme Indonesia", sejarahwan Prof. Taufik Abdullah menulis ;
"Diawal pertumbuhan pers, apa yang disebut berita lebih banyak merupakan kabar perdagangan yang sesungguhnya tak lain adalah iklan perusahaan yang di selang-selingi dengan kabar keseharian, seperti perampokan, kebakaran dan sebagainya."

Dari beberapa pandangan tentang pengertian berita diatas, ada beberapa hal umum yang bisa dikedepankan bahwa :  Berita adalah kabar keseharian atau laporan kejadian yang menarik. Berita tidak hanya kejadian yang kebetulan, tetapi berita ternyata bisa dibuat dan direkayasa.


1 komentar:

seperti halna berita tentang perusahaan-perusahaan besar seperti panasonic yah...

Silahkan Komentar Dengan Etika Dunia Online. Untuk Mendapatkan Backlink, Tinggalkan link anda di Menu Tukar Link
EmoticonEmoticon